Mengembang Literasi di SD

Literasi di SD

Kata *Literasi* memang memiliki makna yang komplek dan dinamis. Namun, pada dasarnya, literasi bukanlah suatu istilah baru, hanya saja bagi sebagian orang, kata tersebut adalah kata-kata asing yang belum diketahui maknanya.

Secara konseptual, literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan  individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak cara yang bisa dilakukan sekolah/guru untuk mengembangkan kemampuan literasi anak di SD. Salah satunya seperti dilakukan di sebuah SD di kota Probolinggo.

Setiap hari, di SD Mater Dei kota Probolingo sebelum pelajaran pertama guru memulai dengan kegiatan #Literasi. Dalam kegiatan ini anak2 diminta untuk membaca buku (fiksi dan non-fiksi), menonton video, gambar & kegiatan2 lain. Tujuannya adalah melatih kemampuan anak dalam mengerti, menganalisis, menyimpulkam, & menyatakan kembali (lisan dan/atau tertulis) isi teks/bacaan, gambar, video, dll.

Kegiatan ini juga sangat baik untuk kepentingan pembelajaran terpadu di jenjang SD, karena materi yang disajikan tidak terikat oleh matapelajaran tertentu, melainkan oleh topik/tema tertentu. Misalnya “Kegiatan Manusia yang Merusak Keseimbangan Ekosistem”.

SDN SUKABUMI 2
1. Matematika dibelajarkan terpisah dari K-13
2. PKP tidak beda dengan pembelajaran biasa…belum tampak sebagai strategi pemecahan masalah….Apa masalah yg perlu dipecahkan/diselesaikan melalui prosedur PTK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *